The Amriza Family

Berbagi Ilmu dan TIPS kepada siapa saja

[A] Tips Menggunting Kuku Bayi

Kebanyakan bayi terlahir dengan kuku yang panjang, putih dan tampak lemas. Walau kukunya tampak lemas, kuku tersebut dapat menggores wajah imutnya. Sementara bila mau mengguntingnya terkadang kita ragu atau takut akan melukai jari mungilnya.

Diperlukan strategi khusus saat akan menggunting kuku bayi, selain itu mom harus extra hati-hati agar jari mungilnya tidak ikut tergores gunting!. Berikut ini beberapa hal yang perlu di perhatikan Sebelum dan Saat menggunting kuku si kecil:

* Sebelum Menggunting Kuku.

Siapkan peralatan yang di butuhkan, yaitu;

- Gunting kuku, pilih yang berujung bulat agar tepinya tidak melukai jari. (sebelum digunakan, bersihkan gunting kuku dengan kapas yang sudah di beri Alkohol)

- Kapas

- Air Matang

- Alkohol 70%

- Obat Merah / Antiseptik (Bila di perlukan)

* Saat Menggunting Kuku

- Gunting kuku si kecil setelah ia selesai mandi, sebab kukunya jadi agak lunak. Atau gunting kukunya saat ia sedang terlelap tidur.

- Pada bayi, bila jari-jarinya masih dalam posisi menggenggam, secara perlahan buka genggamannya dengan cara meletakkan ibu jari Mom di bagian luar telapak tangan si kecil, sementara jari Mom yang lain masuk ke bagian dalam telapak kanannya.

- Tekan dengan lembut jari yang kukunya akan digunting dengan ibu jari dan telunjuk kiri Mom. Lalu, gunting kuku si kecil dengan tangan kanan Mom.

- Jangan terlalu dalam memotong kuku si kecil. Gunting bagian kuku yang putih saja dan sisahkan sedikit.

Aktifitas potong kuku ini akan sering dialami oleh mom yang baru mempunyai bayi dikarenakan kuku bayi sangat cepat tumbuhnya. Gunting kuku si kecil bila panjang kukunya kira-kira 1-2 mm, bila tidak segera di potong maka kukunya bisa melukai wajah atau menjadi sarang kotoran dan kuman penyakit.

Jangan panik bila jari mungilnya sedikit berdarah. Segera bersihkan lukanya dengan kapas yang sudah di basahi alkohol, lalu olesi dengan obat Merah atau Antiseptik. Semoga TIPS diatas bisa mengurangi keraguan atau rasa takut mom saat menggunting kuku si kecil. Selamat mencoba. (WRM/SA)

Categories: Parenting

0 komentar:

The Amriza

Popular Posts

My Biz Online!

Ngobrol Yuk...

Gtalk: aurelly.one

My Email:
bunda.ryu@gmail.com