The Amriza Family

Berbagi Ilmu dan TIPS kepada siapa saja

Apa Bisa Anak Kecil Terkena Katarak?


Hari, saat di vonis Katarak!
"Apa bisa anak kecil terkena katarak?" pertanyaan itu menerorku!

Flash back ya...
2 minggu yang lalu tepatnya tgl 28 december 2010 aku dan Ryu ke rumah sakit mata AINI, saya hanya ingin perikasa mata Ryu yang 'kayaknya agak minus atau plus' karena saya menerima laporan dari sekolah bahwa Ryu agak susah kalau membaca.

Oke well, santai saja lah saya dan Ryu kesana, registrasi lalu test mata. Pada saat tes mata, saya sedikit kwatir secara suster yang memeriksa matanya, agak2 kesulitan dengan mata kirinya, saya mulai panik!

Ditengah kekalutan saya menunggu dokter mata nya datang, mulai deh saya mengira2 Ryu ini matanya kenapa? sambil berdoa semoga dia cuman minus or plus saja.

15 menit kemudian Ryu di panggil dan kami pun bertemu dengan dokter mata Tety. Saat mata kiri Ryu di periksa dokter agak lama men-cek nya, saya kembali kwatir. Setelah dokter selesai, ia pun memberitahukan saya "Bu, mata kiri anak ibu terkena KATARAK!"

Duaaarrr... bagai tersetrum listrik 100watt saya pun kaget! "Kok bisa? Dia kan masih kecil? Bukannya katarak hanya menyerang lansia? Lalu apa yang harus dilakukan? Apa bisa sembuh?" rentetan pertanyaan saya seolah2 tumpah... berlomba-lomba keluar dari mulut saya!

Saat Dr. Tety menjelaskan, saya bagai berada di pulau yang tak berpenghuni! Kosong!! Nggak bisa mikir!! Shock! sudah pasti *menyesal kenapa bukan Ayah saja yang antar saat itu*

"Ryu harus operasi bu! Nggak ada obatnya! Dan harus di operasi sekarang karena usianya sudah mau 7 tahun!!" samar2 saya mendengar Dr.Tety mengatakan itu!

Oh.. oke oke ...

Seolah belum yakin saya dan Ryu pun keluar, sambil menunggu reaksi obat yang di tetesin untuk memeriksa saraf matanya, butuh 15 menit untuk bisa mencek nya. di ruang tunggu saya  langsung mengabari Ayah! Saat itu saya nggak bisa mikir apa-apa, saya hanya bisa mikir 'gimana caranya agar dia segera di Operasi!'

Waktu 15menit terasa singkat! Setelah di cek untuk kedua kalinya, confirmed kalau mata kiri Ryu KATARAK! dan harus di operasi.

OKE.... setelah diskusi dengan Ayah, kami memutuskan Ryu di operasi Tgl 30/Dec 2010. Serangkaian tes lagi-lagi harus di lakukan, mulai dari tes ukuran lensa mata yang akan di tanam di matanya, seumur hidup. USG Mata. Dan Tes Darah!

Oh ia, sebelum masuk ruang operasi 30/Dec, Ayah dan Ryu ke "Jakarta Eye centre" untuk mencari second opinion dan disanapun di vonis kalau mata kiri Ryu KATARAK! Mata kirinya hanya bisa melihat dengan jelas sejauh 2 meter saja! Yang paling scary, dokter mengatakan kalau Ryu terlambat di diognoasa dan di lakukan tindakan. Seharusnya dia sudah di operasi sejak usia 4 tahun.

Karena telat!
Jadi, saraf matanya mengalami keterlambatan perkembangan, karena sinar yang masuk ke matanya sedikit, terhalang si KATARAK. Jadi, walaupun dia sudah operasi, nggak bakalan bisa 100% sama dengan mata kanan. Si mata kiri butuh terapi agar syaraf2 matanya bisa tumbuh. Agak2 stress juga ya, secara syaraf mata itu berkembang sampai anak berusia 8 thn, huhuhu kalau saja telat apa jadinya nanti!

Thanks to GOD kami masih di beri tahu sekarang2 ini.

Apa bisa anak di bawah umur terkena KATARAK? Bisa sekali!
Penyebabnya?
- Faktor genetik / bawaan lahir
- Pernah terbentur benda keras
- dll.

Dalam kasus Ryu, mata kiri nya ini terkena KATARAK kemungkinan bawaan lahir.
Lalu setelah Operasi apa bisa sembuh TOTAL?
Nggak bisa!!!!
Ryu kemungkinan besar akan butuh kaca mata.

Lesson dari jurnal ini: "Sebaiknya periksa mata anak anda sejak dini, apa lagi bila orang tuanya memakai kaca mata sejak kecil."


Sesaat sebelum operasi. Habis di bius :P

3 jam setelah operasi. Udah semangat :D

Sehari setelah. Ini habis cek-up minta beli buku
Seminggu setelah. Habis cek up menemani bunda kerja di Starbucks.

5 komentar:

Anonymous said...

sama dengan aku. aku dulu operasi di JEC menteng.. dengan kasus yang sama, katarak, yang menyerang mata kanan. tapi bukan bawaan lahir aja yang bikin si anak jadi katarak, juga lahir prematur (bagi yang rata-rata usia kandungan <7 bulan sudah lahir).
niwey, memang kalo telat ga bisa balik dan kudu pake kacamata saat baca & pake kacamata item pas jalan2 di siang hari. setelah 2 tahun operasi, ada kemungkinan si katarak muncul lagi. coba di cek-kan lagi aja yaa, cz aku juga mengalami hal yg sama :)

Unknown said...

saya juga seorang ibu yg mempunyai anak terkena katarak sejak lahir, anak saya perempuan sekarang berusia 3 bulan.
waktu usia anak saya menginjak baru 4 hari setelah pulang dari rumah sakit dan posisi saya sedang menyusui saya melihat keanehan di mata anak saya seperti ada titik bayangan sinar putih.di situ saya hanya berfikir mungkin sinar lampu di karenakan itu pada malam hari dan keeseokan harinya saya memperhatikan mata kanan anak saya lagi tetap ada titik bayangan sinar putih.karna anak saya masih terlalu sangat kecil karena dia baru lahir bayangan sinar putih di matanya tidak terlalu besar.
semakin hari selalu saya perhatikan mata anak saya titik bayangan sinar putih tetap ada.
pada waktu saya imunisasi ke dokter anak,saya berkonsultasi tetapi respon dokter hanya mengatakan mungkin kotoran pada saat lahir, nanti juga hilang, org tua mengatakan coba pakai kembang teleng dan saya lakukan itu berkali-kali tetap tidak ada perubahan.
setelah anak saya menginjak usia 1 bulan saya dan suami memustuskan untuk memeriksakan mata anak saya ke JEC, sama dengan pengalaman bunda ryu di saat dokter mengatakan anak saya terkena katarak bawaan lahir yg di sebabkan dengan virus dan harus segeras di operasi mendengar itu hati saya sangat sakit dan sedih karena anak saya masih sangat terlalu kecil ditambah lagi biaya operasi bagi kami sangatlah mahal.
sampai sekarang anak saya juga belum di operasi karena keterhambatan biaya sampai saat ini saya juga sedang mencari rumah sakit mata dengan biaya terjangkau namun berkualitas.
bagi bunda yg sedang hamil di sarankan benar-benar harus memperhatikan kandungnannya,makan dengan makanan yg sehat agar tidak terjadi seperti yg tidak di harapkan oleh orgtua dan jika mempunyai hewan peliharaan pastikan hewan anda sehat dan tidak terkena virus.
terimakasih

Unknown said...

anak saya juga terkena katarak bawaan lahir umurnya sekarang 4.5 dan telah operasi pertama ketika umur 3 tahun,anak saya tumbuh spt anak lainnya ketika bayi sampai umur 2 thn,dia dapat melihat benda2 disekitarnya respon matanya pun bagus,tp menginjak umur 3,5 tahun saya mulai curiga melihat benda2 kok dari dekat awalnya saya biarkan saja,kemudian saya lebih memperhatikan lagi matanya,saya melihat ada titik putih dimatanya saya fikir itu cuma lampu kemudian saya membandingkan dgn mata abangnya gak ada titik putih,hitam smua,tepat umurnya 3 tahun saya bawa ke doktermata dan setelah dilakukan usg mata dan beberap pemeriksaan dokter mengatakan kalau anak saya terkena katarak,tp saya tidak percaya begitu saja mungkin dokter salah,saya lalu membawa ke dokter mata lain,tp hasilnya sama sampai 4 dokter saya datangi,disitu saya baru shock abis.dokter menyarankan operasi pengangkatan kataraknya dulu agar cahaya masuk kedlam matanya,setelah operasi baru dia dapat melihat benda tidak dari jarak dekat,skrg anak saya mau operasi ke 2 untuk tanam lensa,smoga bermanfaat

Unknown said...

Bunda cynthia dewi tinggal dmna..
Saya jg mengalami hal serupa..

Unknown said...

Bunda vievie saya di tangerang cileduk.
Anak bunda terkena katarak bawaan lahir juga? Skrg umur anak.bunda vievie berapa? Anak saya umur 5 bln

The Amriza

Popular Posts

My Biz Online!

Ngobrol Yuk...

Gtalk: aurelly.one

My Email:
bunda.ryu@gmail.com