The Amriza Family

Berbagi Ilmu dan TIPS kepada siapa saja

Jangan Asal Copy Paste!

"Jangan asal copy paste." Slogan ini sudah sejak lama saya dengar di dunia blogger, dan pencetusnya adalah anak-anak Blogfam (kalau ndak salah). Awalnya saya tidak terlalu ambil pusing. Secara, saya tak pernah berpikir suatu saat nanti isi blog atau artikel saya akan di bajak oleh orang lain. Maklum saja, apa yang saya tulis tidak jauh-jauh dengan hobby dan kegiatan saya sehari-hari. Jadi kemungkinan isinya tidak berguna bagi orang lain. Tapi, kenyataannya berbeda. Beberapa kali saya coba googling dan menemukan beberapa artikel saya di copy paste atau di pajang di blog orang lain. Entah apa maksudnya hingga memasang artikel saya! Mungkin mereka ini malas menulis hingga memajang tulisan orang untuk meramaikan blog-nya. Atau memang artikel tersebut berguna baginya!? ATAU, artikel saya di gunakan untuk keperluan komersil!? Well, saya tak tau alasannya. Dan saya pun malas untuk menanyakan kepada yang bersangkutan. Bila alasannya, artikel saya berguna baginya, dan ketika memajang artikel tersebut ia mencantumkan sumber tulisan tersebut, saya sih tidak terlalu ambil pusing, malah saya senang karena tulisan saya berguna bagi orang lain. TAPI, bila ia memajang artikel saya tanpa menyebutkan sumbernya, wah... rasanya sedih sekali, sudah capek-capek menulis tapi tulisan itu diAKU oleh orang lain. Yang lebih menyedihkan, bila BLOG tersebut adalah blog terselubung, blog yang digunakan untuk memajang iklan ADESENSE-nya. Wih, untuk alasan yang ini saya sih sangat-sangat kesal. Saya sadari, dunia maya ini tak berbatas, dan belum ada payung hukum-nya untuk bisa mengadili orang-orang seperti ini. Tidak ada yang dapat saya lakukan. Saya hanya bisa mendoakan semoga cara pandang dan cara berpikir mereka menjadi dewasa, dan tidak se-enaknya mencopy paste tulisan orang lain. Anyway, JURNAL ini saya buat bukan untuk menghakimi orang-orang yang gemar copy paste. Jurnal ini hanya sebagai sarana CURHAT saya saja. Tapi. Bila. Jika, ternyata jurnal ini di baca atau 'ngena' di hati mereka, well... saran saya "Belajarlah menulis artikelmu sendiri. Karena dengan mencopy paste karya orang lain, sama saja kamu menbodohi dirimu sendiri." (SA/2008)

0 komentar:

The Amriza

Popular Posts

My Biz Online!

Ngobrol Yuk...

Gtalk: aurelly.one

My Email:
bunda.ryu@gmail.com