The Amriza Family

Berbagi Ilmu dan TIPS kepada siapa saja

[A] TIPS Memilih Nursing Bra (BH Untuk Menyusui)

Nursing Bra atau BH menyusui adalah BH yang didesain khusus untuk Ibu yang sedang menyusui. Di desain dengan kelepak (flap) yang bisa dibuka-tutup pada bagian mangkuk (cup) BH, memudahkan busui (ibu menyusui) bila akan menyusui bayi nya.

BH menyusui tidak wajib dipakai oleh busui, BH ini bersifat sebagai alat bantu saja, bila busui merasa tidak nyaman memakai BH menyusui ini, maka tidak ada pengaruhnya terhadap kwantitas atau kwalitas ASI yang di keluarkan.

Jika mom memutuskan untuk memakai BH menyusui pada saat menyusui si kecil, berikut TIPS memilih BH menyusui yang aku kutip dari Majalah parents Guide edisi Februari 2006 :
- Belilah BH menyusui di pertengahan atau akhir kehamilan, atau ketika BH yang mom gunakan selama hamil sudah tidak nyaman lagi.
- Belilah minimal dua buah BH, agar mom selalu mempunyai persediaan BH bersih.
- Jika susah menentukan ukuran BH dengan tepat, siapkan BH lebih dari dua, dengan ukuran mangkuk yang berbeda-beda. BH dengan ukuran mangkuk yang lebih besar dipakai saat payudara sedang penuh-penuhnya. BH dengan ukuran mangkuk paling kecil dipakai saat payudara dalam kondisi tidak terlalu penuh/bengkak.
- Pilih BH yang bisa menopang payudara dengan baik tapi masih punya cukup ruang di puncak mangkuk untuk menyisipkan bantalan ASI (nursing pads).
- Jika memilih BH yang berkelepak, carilah yang elastis dan kelepaknya mudah dibuka dengan satu tangan (biasanya dikaitkan dengan klip plastik ke tali bahu, atau ketengah BH).
- Jika memilih BH tanpa kelepak, carilah yang tali bahunya mudah diturun-naikkan dengan satu tangan (biasanya bertali lebar, terbuat dari bahan yang lembut, tipis dan elastis, serta tidak memakai kawat penopang. BH jenis ini lebih cocok dipakai di rumah.
- Jika ukuran payudara sangat besar, utamakan memilih BH yang mampu menopang payudara dengan baik. (Disarankan memilih BH dengan kawat penopang)
- Jika mom berencana memerah ASI dengan pompa, pilihlah BH yang bukaan kelepaknya cukup lebar agar corong pompa bisa menempel dengan baik pada payudara. (SA)

Sumber Tulisan :
- Segala Sumber
- Majalah Parents Guide

Note: Artikel ini juga publish di WRM
** [A] = Artikel

0 komentar:

The Amriza

Popular Posts

My Biz Online!

Ngobrol Yuk...

Gtalk: aurelly.one

My Email:
bunda.ryu@gmail.com