The Amriza Family

Berbagi Ilmu dan TIPS kepada siapa saja

[A] Si Dua tahun Yang Malas Berjalan!

By: Shrie Amriza

Publish at WRM

“Bu, Si Oel masa sampai sekarang belum bisa jalan?” ujar Mbak Iya assistanku di rumah. “Masa sih? Dia kan sudah dua tahun?”. “Iya bu, soalnya Oel di gendong terus sih, makanya malas jalan!.”

"Anak usia dua tahun malas berjalan? Normal-kah perilaku Oel?" Pertanyaan yang menggelitik benakku saat itu.

Pada umumnya setelah anak mampu berjalan, maka keterampilan motoriknya akan berkembang dengan pesat. Rasa ingin tahunya yang sangat besar mendorongnya melakukan hal-hal yang menantang bahaya, dan ia tidak pernah lelah dengan segala aktifitasnya, mulai dari berlari, meloncat dan memanjat.

Anak usia ini juga semakin baik mengendalikan badannya. Kecepatan perkembangan fisik dan kemandiriannya yang mulai muncul menjadi hal yang perlu mom perhatikan.

Tapi, kalau si dua tahun sering menerima bantuan dalam melakukan berbagai keterampilan fisik, seperti; sering di gendong atau diletakkan di kereta dorong, maka ia akan ‘ketagihan’ dengan bantuan itu dan akhirnya ia malas berjalan atau melatih perkembangan motoriknya.

Apalagi, pada usia ini anak sedang berada dalam fase yang gemar menolak desakan orang tua, dan membuat usaha kita untuk mengajaknya mulai berjalan menjadi sia-sia. Akibatnya, si kecil tampak seperti anak yang tidak aktif atau pasif.

Jika si dua tahun mom mengalami hal diatas, beberapa TIPS dibawah ini yang dapat dicoba untuk ‘memaksa’ nya kembali menggemari aktifitas berjalan, sebagai berikut:
- Jika si dua tahun merengek minta di gendong, coba buat kesepakatan dengannya. Seperti; Mom setuju mengendongnya bila ia berhasil berjalan ketempat tempat tertentu.
- Jadikan aktifitas berjalan bersama-sama sebagai suatu aktifitas yang menyenangkan, sehingga ia pun mengikutinya dengan gembira.
- Kebanyakan anak kecil senang berperilaku seperti orang dewasa minta tolong kepadanya untuk mengambilkan sesuatu untuk mom. Seperti; Saat berbelanja di supermarket minta ia membantu mom mengambilkan belanjaan yang mom inginkan.
- Kadang anak merasa frustasi karena merasa kecil ketika berjalan dengan orang dewasa, suatu kali cobalah berjongkok agar tinggi mom dan di kecil sejajar.
- Jangan pernah mendesaknya untuk buru-buru berjalan. Ikuti irama langkahnya agar si kecil tidak frustasi. - Jangan lupa untuk memuji si kecil bila ia mau berjalan bersama mom. (SA/2006)

0 komentar:

The Amriza

Popular Posts

My Biz Online!

Ngobrol Yuk...

Gtalk: aurelly.one

My Email:
bunda.ryu@gmail.com